Senin, 16 Oktober 2017

PROFILE SDIT HASAN SANUSI




A.   Latar Belakang
Untuk menigkatkan mutu pendidikan nasional dan mensukseskan program pemerintah di bidang pendidikan khususnya wajib belajar 9 tahun, dengan mengacu pada Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang diimplementasikan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional serta animo masyarakat terutama wali santri akan pendidikan yang terintegrasi dengan Pondok Pesantren, maka dipandang perlu untuk didirikannya Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu “HASAN SANUSI” di lingkungan Yayasan “NURUL ACHMADI”.
Yayasan Nurul Achmadi Catakgayam bercita-cita melaksanakan pendidikan yang terintegrasi antara pendidikan dilingkungan pondok dan pendidikan dilingkungan sekolah sehingga siswa-siswinya akan terhindar dari bahaya pengaruh lingkungan yang tidak bertanggungjawab seperti :
1.  Pergaulan bebas.
2.  Narkoba
3.  Minuman keras
4.  Bahaya vidio asusila/pornografi
5.  dan lain-lain

B.   Visi
Pendidikan yang Membentuk  SDM  mandiri dan berdaya saing"
Indikator Visi
Kalimat  “Pendidikan” dapat diartikan sebagai :
1.    Lembaga yang menyelenggarakan pembinaan terhadap peserta didiknya.
2.  Lembaga yang mengembangkan kurikulum pendidikan yang menjadi rujukan lembaga pendidikan lain.
3.    Lembaga yang menyelenggarakan proses pendidikan (pembiasaan, PBM, penelitian dan pengembangan) yang inovatif.

Kalimat SDM mandiri diartikan budi pekerti sebagai fitrah seseorang yang  bisa dikembangkan melalui  proses pelatihan. Adapun indikatornya adalah :
1.    Memiliki kemandirian dengan jati diri yang berahlakul karimah
2.    Memiliki kepedulian terhadap orang lain dan lingkungan.
3.    Memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang efektif.
4.    Mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
5.    Memiliki pencapaian nilai akademis yang tinggi.
6.    Mampu menghasilkan karya yang memiliki nilai tambah
7.    Memiliki kepekaan terhadap perubahan zaman dan memanfaatkannya sebagai peluang

Kalimat SDM berdaya saing diartikan sebagai Potensi yang dapat dikembangkan/diterapkan untuk mampu bersaing, dengan indikator-indikator sebagai berikut:
1.  Mampu mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuannya pada berbagai aspek kehidupan.
3.    Memiliki kemandirian dan kepercayaan diri yang tinggi (tawakal).
4.    Mampu melakukan komunikasi dan kerjasama
5.    Memiliki pandangan yang jauh kedepan (visionaris)

C.   Misi
”Melaksanakan Pembelajaran yang efesien dan efektif bernuansa Islami”

Misi yang diemban dapat diuraikan dalam beberapa komponen berikut :
1.     Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran.
2.    Melaksanakan pembelajaran yang memberikan peluang kepada peserta didik  agar memiliki jati diri dan berahlaqul karimah.
3.   Mengembangkan pembiasaan dan nilai yang peduli terhadap orang lain dan lingkungan
4.    Melaksanakan pembelajaran yang memungkinan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
5.      Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan pencapaian nilai akademis yang tinggi
6.   Mengembangkan kepekaan terhadap perubahan zaman dan memanfaatkannya sebagai peluang
7.        Menerapkan pembelajaran kontekstual dengan menerapkan pengetahuannya pada berbagai aspek kehidupan.
8.    Mengembangkan kemandirian dan kepercayaan diri yang tinggi para peserta didik
9.    Mengembangkan kebiasaan pandangan yang jauh kedepan 
10. Mengembangkan kurikulum pendidikan agama Islam yang menjadi rujukan lembaga pendidikan lain,


D.   Tujuan
  1. Diperolehnya rata-rata nilai ujian sesuai SKL
  2. Diperolehnya berbagai nominasi kejuaraan umum dan keagamaan di tingkat Kabupaten
  3. Diluluskannya 50% peserta didik yang hafal juz amma
  4. Diluluskannya semua peserta didik yang hafal asmaul husna
  5. Diluluskannya 50% peserta didik yang hafal surat yasin
  6. Diluluskannya seluruh peserta didik yang fasih dan tartil membaca Alqur'an
  7. Diluluskannya peserta didik yang mempunyai kemampuan dalam berbahasa Inggris & B. Arab  sederhana
  8. Diluluskannya seluruh peserta didik yang mempunyai kepedulian Sosial
  9. Diterapkannya pendekatan PAIKEM untuk semua mata pelajaran di setiap kelas
  10. Diterapkannya multi Strategi Pembelajaran oleh semua pendidik
  11. Dibuatnya berbagai media pembelajaran oleh semua pendidik
  12. Dimilikinya semua pendidik yang mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil
  13. Dimilikinya semua pendidik yang menggunakan  ICT sebagai media pembelajaran
  14. Dimilikinya seluruh  tenaga kependidikan yang mempunyai kualifikasi akademik
  15. Dimilikinya  tenaga pendidik yang  mampu  berkomunikasi Bahasa Inggris sederhana
 
PROFIL DI DAPODIK









1. Identitas Sekolah
1 Nama Sekolah : SDIT HASAN SANUSI
2 NPSN : 69920419
3 Jenjang Pendidikan : SD
4 Status Sekolah :  Swasta
5 Alamat Sekolah : JL. KH. HASAN SANUSI NO. 09 CATAKGAYAM

RT / RW : 1 / 4

Kode Pos : 61475

Kelurahan : Catak Gayam

Kecamatan : Kec. Mojowarno

Kabupaten/Kota : Kab. Jombang

Provinsi : Prop. Jawa Timur

Negara :  Indonesia                     
6 Posisi Geografis : -7.5885 Lintang




112.3197 Bujur

2. Data Pelengkap
7 SK Pendirian Sekolah : 503/3554/415.21/2015
8 Tanggal SK Pendirian :  2015-11-17
9 Status Kepemilikan : Yayasan
10 SK Izin Operasional : 503/3554/415.21/2015
11 Tgl SK Izin Operasional : 2015-11-17
12 Kebutuhan Khusus Dilayani :
13 Nomor Rekening : 0453097609
14 Nama Bank : Bank Jatim
15 Cabang KCP/Unit : Mojoagung
16 Rekening Atas Nama : SDIT HASAN SANUSI
17 MBS : Ya
18 Luas Tanah Milik (m2) : 12549
19 Luas Tanah Bukan Milik (m2) : 0
20 Nama Wajib Pajak : SDIT HASAN SANUSI CATAKGAYAM
21 NPWP : 317775591602001
3. Kontak Sekolah
20 Nomor Telepon : 0321491758
21 Nomor Fax : 
22 Email : sdithasansanusi@gmail.com
23 Website :  http://www.sdithasansanusi.blogspot.com
4. Data Periodik
24 Waktu Penyelenggaraan : Pagi
25 Bersedia Menerima Bos? : Ya
26 Sertifikasi ISO : Belum Bersertifikat
27 Sumber Listrik : PLN
28 Daya Listrik (watt) : 3600
29 Akses Internet : Tidak Ada
30 Akses Internet Alternatif : Telkom Speedy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar